Tips Jitu Mendapat Pinjaman Modal Untuk UKM, Mudah dan Cepat


Memulai bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) bukanlah hal mudah. Biasanya proses ini membutuhkan banyak perencanaan dan persiapan yang matang. Tujuannya, untuk mengantisipasi masalah yang mungkin menghadang di depan. Nah, salah satu persiapan menjalankan bisnis UKM yang harus dipikirkan jauh – jauh hari adalah modal. Mungkin bagi yang memiliki tabungan cukup, modal bukan menjadi masalah utama yang dihadapi. Tapi bagaimana dengan mereka yang memulai bisnis UKM dengan dana terbatas? Tips jitu mendapat pinjaman modal untuk UKM ini penting untuk diketahui.

Dalam membangun perekonomian nasional, bisnis UKM memiliki peranan penting. Tak heran hal tersebut membuat pemerintah dan berbagai pihak memberikan perhatian penuh terhadap keberadaan dan pengembangan bisnis UKM. Nah, salah satu dukungan pemerintah dan pihak lain kepada pengembangan bisnis UKM di Indonesia, khususnya adalah dengan memberikan pinjaman modal usaha. Bentuk pinjaman modal usaha ini ada banyak macamnya, yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peminjam.

Tips Jitu Mendapat Pinjaman Modal Untuk UKM, Mudah dan Cepat

Berbagai sumber permodalan untuk UKM. Foto: EduCenter.id

Memiliki Jenis Bisnis UKM Jelas

Tips jitu mendapat pinjaman modal untuk UKM pertama adalah memastikan Anda memiliki jenis bisnis UKM yang jelas. Ya, sebelum mengajukan pinjaman, pihak peminjam pastinya akan memberikan pinjaman untuk Anda yang benar – benar membutuhkan modal bisnis. Untuk mengetahui hal ini, peminjam memerlukan informasi terkait bisnis yang dimiliki.

Kebanyakan peminjam akan lebih percaya memberikan pinjaman kepada bisnis UKM yang sudah berjalan setidaknya 12 bulan aktif dan memiliki keuntungan yang menggiurkan. Diwaktu tersebut peminjam dapat melihat performance dari bisnis itu sendiri. Tidak hanya itu, sebagai peminjam mereka juga butuh kejelasan bisnis yang dimaksud. Tak heran peminjam diharuskan untuk melengkapi surat izin, foto, dan lain sebagainya.

Perlu diketahui, memberikan pinjaman untuk bisnis UKM pada dasarnya mendapatkan resiko tersendiri bagi pemberi pinjaman. Dengan kejelasan bisnis Anda, tentunya dapat lebih meyakinkan pemberi pinjaman.

Memiliki Susunan Dokumen Laporan Bisnis yang Jelas

Cara mengajukan pinjaman modal bisnis UKM memang kelihatannya mudah, tapi faktanya banyak pelaku bisnis yang merasa kesulitan ketika akan mengajukan pinjaman modal untuk UKM. Nah, agar pengajuan modal bisnismu cepat disetujui pastikan Anda sudah menyiapkan dokumen – dokumen yang diperlukan. Salah satunya adalah susunan dokumen laporan bisnis.

Silakan buat proposal lengkap, rapi, dan menarik. Tentu saja proposal yang dibuat harus berisi tentang informasi bisnis UKM, visi misi bisnis UKM, laporan keuangan bisnis UKM, dan informasi penting lainnya. Masih terkait dengan resiko memberikan pinjaman modal bisnis, salah satu cara pemberi pinjaman dalam menilai resiko calon peminjam adalah dengan melihat dokumen yang Anda miliki, terutama dokumen laporan keuangan.

Kelengkapan dokumen pengajuan pinjaman modal bisnis UKM menjadi hal penting, karena akan membuat mereka yakin atau tidak untuk memberikan pinjaman kepada bisnis UKM milikmu.

Lengkapi dan Kumpulkan Berkas Persyaratan

Pada dasarnya ada banyak hal yang harus Anda siapkan ketika akan meminjam modal bisnis. Jika Anda sudah melengkapi berkas kini saatnya untuk mengumpulkan berkas – berkas yang telah disyaratkan untuk melakukan pinjaman modal bisnis. Tujuannya, agar proses pengajuan pinjaman dapat diproses lebih cepat.

Berbicara mengenai berkas syarat pinjam modal bisnis UKM ternyata bisa dikirimkan atau diupload secara online, tergantung dari pilihan maupun fasilitas yang disediakan pemberi pinjaman. Berikut adalah berkas syarat pinjam dana bisnis UKM yang harus Anda siapkan.

  • Dokumen pendirian bisnsi UKM, berupa akta pendirian atau anggaran dasar jika bisnis Anda berbentuk PT, CV, atau Firma.
  • Khususnya untuk bisnis perorangan, Anda hanya perlu menyiapkan KTP.
  • Laporan keuangan tahunan setidaknya 1 tahun terakhir, ini mencakup pula mengenai laporan untung rugi. Mengenai laporan keuangan bisnis UKM bisa berbentuk laporan internal atau laporan yang telah diaudit.
  • Rekening koran setidaknya selama 3 bulan terakhir.
  • Surat izin bisnis atau usaha
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
  • SKDU (Surat Keterangan Domisili Usaha)
  • Salinan KTP pemilik bisnis dan tim manajemen bisnis

Sebelum menyerahkan dokumen tersebut pastikan Anda sudah kembali mengecek ulang untuk memastikan semuanya benar – benar sudah lengkap. Jangan sampai ada satu atau beberapa dokumen yang kelewat.

Sertakan Agunan atau Tanpa Agunan

Tips jitu mendapat pinjaman modal untuk UKM yang terakhir adalah penyertaan agunan atau tanpa agunan. Biasanya ini akan mempengaruhi kelayakan pinjaman modal usaha beserta resiko – resikonya. Jika menggunakan agunan tentunya dapat meminimalisir terjadinya resiko dari pinjaman itu sendiri, yang nanti juga akan mempengaruhi tingkat suku bunga dari pinjaman.

Penyertaan agunan yang diminta pihak bank adalah fixed asset atau tanah dan bangunan. Sementara itu untuk di platform P2P Lending sendiri seperti Akseleran. Dimana agunan yang disyaratkan pun jauh lebih fleksibel, misalnya seperti :

  • Invoice, PO, SPK, atau kontrak
  • Persediaan barang dagangan
  • Tanah
  • Bangunan
  • Kendaraan
  • Surat berharga
  • dan lain – lain

Dan berikut ini adalah tempat pinjam modal untuk UKM yang mudah dan cepat bisa Anda pertimbangkan.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Ini adalah salah satu tempat pinjam modal bisnis UKM terbaik yang menawarkan kredit tanpa membebankan jaminan berupa aset seperti rumah, tanah, kendaran, surat berharga, dan lain sebagainya. Pinjam modal bisnis di KTA merupakan yang paling direkomndasikan, sebab bunga yang ditawarkannya pun kurang dari 1%. Di KTA, peminjam akan diberikan pinjaman modal bisnis maksimal sebesar Rp 200 – 300 juta rupiah, sesuai ketentuan dan syarat masing – masing bank.

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Pilihan lain tempat pinjaman modal bisnis adalah KUR, yang memang dicanangkan pemerintah untuk memberi bantuan usaha mikro, kecil, dan menengah. KUR sendiri memberikan pinjaman modal bisnis, terutama bagi bisnis yang bergerak di bidang pertanian, kelautan, perikanan, perindustrian, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam. KUR bekerjasama dengan banyak bank di Indonesia, mulai dari bank BRI, bank BTN, bank Mandiri, bank BNI, bank Syariah Mandiri, bank BNI Syariah, dan bank Bukopin.

Kredit Investasi

Buat yang butuh modal bisnis bisa nih memilih Kredit Investasi untuk mendapatkan modal berbisnis yang cukup. Ini adalah tempat pinjaman terbaik dan terpercaya yang memang fokus untuk berbagai keperluan bisnis. Pinjaman modal bisnis Kredit Investasi kebanyakan digunakan untuk perluasan atau penambahan bisnis seperti membeli maupun membuka pabrik baru, membangun proyek baru, dan lain sebagainya.

Kredit Modal Kerja (KMK)

Terakhir ada Kredit Modal Kerja yang diberikan secara khusus untuk tujuan pengembangan bisnis menjadi lebih besar. Oleh karenanya, dalam melakukan pinjaman modal bisnis ada syarat – syarat yang wajib dipenuhi, beberapa diantaranya seperti usaha harus memiliki izin dan berjalan setidaknya lebih dari 1 tahun. Demikianlah informasi seputar tips jitu mendapat pinjaman modal untuk UKM, mudah dan cepat. Semoga informasinya bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

Bamz

Founder & CEO PT. Inspira Kreasi Nusantara, perusahaan yang bergerak di bidang kreatif dan teknologi. Seorang praktisi dan konsultan Internet Marketing.

2 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *