Ide Bisnis UKM yang Mudah di Tahun 2020, Dijamin Berhasil!


Apa itu bisnis UKM? Pengertian bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah salah satu penggerak perekonomian negara, yang menyumbangkan sekitar 60% dari PDB (Product Domestic Bruto) dan memberikan kesempatan kerja bagi banyak masyarakat. Dikabarkan bahwa bisnis UKM di Indonesia akan terus mengalami perkembangan dan memberikan peluang bisnis yang menguntungkan bagi mereka yang bergelut di dunia wirausaha. Berikut adalah ide bisnis UKM yang mudah penting untuk Anda tahu.

Ide Bisnis UKM yang Mudah 2020, Dijamin Berhasil!

Menjadi salah satu jenis bsinis yang banyak peminatnya, terutama di Indonesia, dari segi modal bisnis yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar, bahkan resiko kerugian menjalankan bisnis UKM terbilang sangat minim. Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang masih kebingungan dalam menjalankan bisnis UKM yang menjanjikan tersebut. Alasannya, beragam, dari kurangnya pengalaman bisnis, tidak tahu cara pemasaran, dan lain sebagainya.

Di bawah ini akan kami jabarkan ide bisnis UKM yang mudah agar bisa bisa berjalan dan berkembang semakin besar.

Membuat Produk yang Unik

Produk yang unik. Foto: Oberlo.com

Ide bisnis UKM yang mudah pertama adalah membuat produk seunik dan semenarik mungkin. Selain itu, pastikan produk Anda memiliki kelebihan tersendiri dibanding produk milik kompetitor. Berbicara mengenai kompetitor atau pesaing, tentunya semua jenis bisnis memiliki kompetitor yang keberadaannya ada dimana – mana. Apabila produk yang Anda miliki tidak memiliki kelebihan, sudah pasti akan sulit untuk bersaing dan bertahan.

Tidak hanya itu, pastikan produk tersebut juga memiliki kualitas yang bagus dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kebutuhan tiap konsumen pun ikut berubah, oleh karenanya inovasi bisnis UKM harus selalu dilakukan secara berkala. Ini berguna untuk membantu agar bisnismu dapat bersaing dan membuat pelanggan Anda tetap loyal terhadap produk yang Anda jual.

Membuat Business Plan yang Tepat

Business plan atau perencanaan program kerja menjadi hal penting dalam bisnis UKM. Sekilas memang terkesan sederhana, tetapi ternyata keberadaannya sangat bagi bagi sebuah manajemen bisnis. Adanya business plan yang tepat dalam bisnis maka akan membuat semua program kerja lebih terarah dan terhindar dari pemborosan biaya.

Jika sebuah bisnis UKM tidak memiliki business plan yang baik sejak awal, maka akan sulit bagi semua pegawai atau pihak pemilik bisnis untuk menentukan kegiatan operasional, biaya, tujuan, hingga peluang yang ingin diraih pada periode bisnis berikutnya.

Memiliki SOP (Standard Operation Prosedur)

Ini dibutuhkan dalam bisnis UKM untuk sebuah pembiasaan. Layaknya sebuah perusahaan waralaba, bisnis UKM pun harus mampu ciptakan standarisasi dalam perusahaannya. Tujuannya, untuk menjaga kualitas produk yang dijual agar tetap dalam keadaan baik dan membiasakan setiap pegawai agar memiliki panduan sistem kerja yang terarah. Dengan begitu tentunya akan lebih mudah lagi bagi perusahaan untuk melakukan kontrol.

SOP dalam bisnis UKM menjadi salah satu alat manajemen bisnis untuk meningkatkan kinerja pegawai menjadi lebih baik.

Melakukan Segmentasi Pasar

Berbicara mengenai ide bisnis UKM yang mudah, maka banyak hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya adalah mengenai segmentasi pasar. Cara ini dilakukan juga oleh bisnis – bisnis berskala besar dalam mempersiapkan produk yang akan dijual. Sebuah produk harus membidik pasar tertentu, sehingga manfaat dari produk tersebut bisa maksimal dirasakan konsumen.

Perlu diketahui, tiap market atau pasar memiliki kebutuhan berbeda. Dengan melakukan segmentasi pasar yang baik, maka bisnis UKM pun dapat lebih mengoptimalkan setiap produk yang dijual.

Menjadi Networker

Selain itu, dalam menjalankan sebuah bisnis, baik yang berskala kecil maupun besar disarankan untuk menjadi networker. Apa itu networker? Ini merupakan seseorang yang memiliki jaringan luas dan memiliki sifat optimis dalam menjalankan sebuah bisnis. Sebagai pemula Anda mungkin bukanlah seorang networker yang kompeten, tetapi pastikan bahwa saat ini adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk terus belajar menjadi networker.

Jika Anda tidak memiliki kepercayaan diri yang cukup, maka solusinya adalah mempekerjakan seorang tenaga marketing yang bisa diandalkan. Merekalah yang akan menjadi ujung tombak untuk perluasan jaringan bisnis UKM Anda.

Menentukan STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning)

Lakukan identifikasi STP. Foto: LACity.org

STP merupakan tiga hal yang saling berkaitan. Untuk memasarkan produk, Anda harus terlebih dulu menentukan segmentasi pasar. Misalnya dengan menempatkan konsumen sebagai sub kelompok di pasar produk. Dengan begitu pembeli memiliki tanggapan yang hampir sama dengan strategi marketing dalam bisnis Anda untuk penentuan posisi perusahaan.

Jika Anda sudah menentukan segmentasinya, maka hal lain yang harus dilakukan adalah menentukan pasar. Dimana Anda harus bisa mengevaluasi berbagai segmen untuk memutuskan siapa yang akan menjadi target marketmu. Terakhir, penentuan posisi produk yang merupakan perpaduan antara kegiatan marketing yang dilakukan manajemen untuk penuhi kebutuhan dan keinginan setiap pasar yang ditargetkan.

Pemanfaatan E-commerce

Cara menjalankan UKM selanjutnya adalah dengan memanfaatkan e-commerce. Melalui pemanfaatan e-commerce inilah bisnis akan memiliki peluang lebih besar dalam menjangkau pasar secara global. Di dunia bisnis, e-commerce mampu mendukung pemotongan rantai distribusi, dengan begitu konsumen bisa mendapatkan suatu produk dengan harga lebih murah.

Pemasaran produk melalui e-commerce memiliki banyak manfaat, antara lain, murah dan efisien, punya akses tak terbatas, dan mampu memperpendek jarak distribusi produk.

Meningkatkan Penggunaan Internet

Sudah menjadi rahasia publik, bahwa saat ini internet hampir tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Tak heran jika pada akhirnya internet menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Bisnis UKM pun sudah seharusnya menyadari hal ini dan menjadikannya sebagai salah satu tips jitu manajemen peningkatan bisnis.

Penggunaan internet sebagai salah satu strategi marketing bisnis UKM pun akan menjadikan bisnis berjalan efektif, punya visibilitas yang luas, dan yang terpenting membuat anggaran perusahaan tidak terkuras habis.

Meningkatkan Kapasitas Informasi Teknologi (IT)

Seperti yang diketahui, dunia informasi teknologi saat ini telah terkait oleh banyak hal, tak terkecuali dalam sebuah proses industri, mulai dari tingkat produksi sampai konsumsi, dari pemasaran sampai keuangan, semuanya butuh kemajuan di bidang teknologi informasi tersebut. Dengan begitu proses bisnis pun dapat berjalan lebih cepat dan segala keputusan atau perencanaan bisa diambil secara tepat.

Di bidang keuangan bisnis UKM misalnya, perusahaan harus bisa memanfaatkan teknologi software akuntansi untuk pengelolaan semua transaksi keuangan. Tujuannya, keuangan perusahaan dapat diolah lebih cepat dan tepat menjadi sebuah laporan yang bisa digunakan untuk mengambil keputusan program pembiayaan perencanaan bisnis ke depan.

Tetap Konsisten

Kerap kali disepelekan padahal konsistensi dalam menjalankan bisnis UKM merupakan hal penting. Selain kreatif, pemilik bisnis UKM dituntut untuk bisa terus konsisten dalam menjalankan strategi marketing bisnis UKM yang dipilihnya. Ini penting sebab kepercayaan konsumen akan terbangun jika pemilik bisnisnya sendiri konsistem di bidang bisnis yang digeluti dan menjadi seorang ahli di dalamnya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang ide bisnis UKM yang mudah 2020, dijamin berhasil 100%. Semoga bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

Bamz

Founder & CEO PT. Inspira Kreasi Nusantara, perusahaan yang bergerak di bidang kreatif dan teknologi. Seorang praktisi dan konsultan Internet Marketing.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *