Pikirkan 5 Faktor Penting ini Sebelum Anda Ganti Profesi


Di dunia karir, bukan hal yang aneh jika ada pekerja yang kemudian memutuskan untuk pindah kantor atau perusahaan. Bahkan tidak hanya memindahkan kantor atau perusahaan, beberapa pekerja bahkan ada yang memutuskan untuk berganti profesi. Keputusan untuk berganti profesi tentu bukan pilihan mudah bagi pekerja. Karena ada banyak pertimbangan dan risiko yang muncul ketika seseorang memutuskan untuk berganti profesi. Karena itu Anda yang ingin atau berencana berganti profesi harus hati-hati memikirkannya. Setidaknya Anda tidak boleh melupakan 5 hal berikut ketika berencana berganti profesi sehingga nantinya Anda dapat berhasil menjalankan karier baru.

Keterampilan Baru

Bekerja sesuai keterampilan. Foto: BuildingImpact.co

Hal pertama yang tidak boleh Anda lupakan ketika merencanakan profesi Anda adalah keterampilan baru. Untuk menjalankan profesi baru, Anda memang harus memiliki pengetahuan dan keterampilan baru. Tanpa pengetahuan dan keterampilan baru, tentu saja Anda akan kesulitan menjalankan profesi baru. Pastikan Anda benar-benar memiliki keyakinan dan keterampilan yang cukup baik sehingga profesi baru yang dijalankan nanti dapat menuntun Anda ke pengembangan diri. Tetapi jika Anda masih belum memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memenuhi syarat dalam profesi baru, cobalah untuk belajar terlebih dahulu dan mengasah keterampilan. Setelah merasa cukup baik untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan, maka Anda bisa beralih profesi.

Pilih jenis pekerjaan yang masih terkait dengan latar belakang pendidikan

Bekerja sesuai latar pendidikan. Foto: TheStatesMan.com

Jika Anda lulusan dari latar belakang utama atau pendidikan yang memiliki beragam pekerjaan, maka cobalah untuk memilih profesi baru yang masih terkait dengan latar belakang pendidikan Anda. Mengapa demikian? Karena dengan memilih profesi baru yang masih terkait dengan latar belakang pendidikan, Anda akan cenderung dihargai. Selain itu, dengan memilih profesi yang masih terkait dengan latar belakang pendidikan, maka Anda juga memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan diri untuk mencapai puncak karier dan kesuksesan Anda. Bagaimana jika Anda memilih profesi baru yang tidak terkait dengan pendidikan? Tentu saja yang sebaliknya adalah apa yang harus Anda persiapkan untuk diterima.

Perluas Hubungan atau Jaringan Baru di Sekitar Anda

Memperbanyak jaringan.

Selanjutnya, hal yang tidak boleh Anda lupakan ketika Anda berencana untuk mengubah profesi adalah jalinan hubungan. Karena ini adalah profesi baru, Anda tentu perlu memiliki hubungan baru juga. Dengan adanya hubungan baru yang ada, maka Anda nantinya akan lebih mudah menjalankan profesi baru. Ini karena hubungan ini akan memberi Anda banyak hal berguna seperti informasi tentang profesi baru Anda, seluk beluk pekerjaan, hingga peluang dan kiat untuk mengembangkan karier yang lebih baik dalam profesi baru Anda. Kebutuhan akan hubungan baru ini tentu akan menjadi lebih penting dan mendesak jika Anda kemudian memutuskan untuk menjalankan profesi sebagai wirausaha atau wirausaha. Karena pengusaha atau pelaku bisnis membutuhkan jaringan terluas.

Keuangan Sehat

Tidak dalam permasalahan keuangan. Foto: LifePal.co.id

Anda juga perlu menyiapkan dana atau keuangan yang cukup sehat untuk menavigasi profesi baru ini. Mengapa? Karena bisa jadi ketika Anda pindah ke profesi baru, Anda harus menerima penghasilan lebih rendah dari pekerjaan sebelumnya. Sekarang karena penghasilan Anda berkurang, maka Anda perlu menyiapkan dana yang cukup sebelum mencapai penghasilan seperti sebelumnya di tempat kerja lama. Bahkan masalah keuangan ini menjadi lebih penting jika Anda kemudian mempercepat keputusan Anda untuk berganti profesi sebelum mendapatkan pekerjaan baru.

Mental Siap Menghadapi Risiko

Memiliki mental petarung. Foto: VectorStock.com

Hal yang tidak boleh dilupakan oleh seseorang yang berencana berganti profesi adalah risiko. Keputusan atau kebijakan apa pun yang Anda ambil terkait dengan karier ini memang akan menimbulkan risiko. Apalagi jika Anda kemudian memilih untuk pindah ke dunia bisnis, semakin besar risiko yang harus dihadapi. Dalam zona yang tidak lagi nyaman, Anda dituntut untuk memiliki kepribadian yang lebih dewasa dan perjuangan yang lebih besar. Karena itu, agar keputusan Anda untuk memindahkan profesi ini tidak sia-sia maka pastikan Anda memiliki mental yang baik untuk menghadapi semua risiko yang ada.


Like it? Share with your friends!

Bamz

Founder & CEO PT. Inspira Kreasi Nusantara, perusahaan yang bergerak di bidang kreatif dan teknologi. Seorang praktisi dan konsultan Internet Marketing.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *