Inilah 5 Hal yang Wajib Dikuasai Sebelum Usia 30 Tahun


Siapa pun yang berkarir di perusahaan, pasti ingin mendapatkan prestasi terbaik dengan waktu tercepat mungkin. Karena seiring berjalannya waktu kita tentu akan terus tumbuh dan mendekati masa pensiun. Oleh karena itu pencapaian karir terbaik dalam suatu perusahaan harus dilakukan sesegera mungkin. Menurut para ahli, usia terbaik untuk mencapai prestasi terbaik di perusahaan adalah 30 tahun. Tetapi mungkinkah kita bisa mencapai karier yang cemerlang di usia 30 tahun yang terbilang muda? Jawabannya tentu saja mungkin, selama Anda terus berusaha dengan baik dan menguasai 5 hal berikut.

Komunikasi

Kuasai Cara Berkomunikasi yang Baik. Foto: YouthIncMag.com

Hal pertama yang perlu Anda kuasai untuk mencapai karier yang cemerlang di usia 30 adalah komunikasi. Komunikasi memang akan menunjukkan perbedaan kualitas diri di perusahaan. Lihat saja CEO terbaik di dunia, mereka tentu memiliki cara komunikasi yang baik. Sekarang karena komunikasi ini dapat mencerminkan kualitas diri, maka pencapaian karir hanya akan ditemukan oleh mereka yang memilikinya. Beberapa cara komunikasi yang perlu Anda asah adalah bagaimana mengekspresikan pendapat yang benar, cara berkomunikasi dengan bawahan, atau juga cara mendengarkan dengan baik. Jika Anda cukup memenuhi syarat untuk berkomunikasi, bukan tidak mungkin atasan Anda akan melihat Anda untuk promosi promosi.

Kepemimpinan

Berkepribadian dan Leadership. Foto: ACQ-Intl.com

Dalam upaya mencapai karier yang baik, faktor kepemimpinan akan selalu menjadi prinsip dan faktor utama. Karier yang cemerlang yang berarti posisi strategis dalam perusahaan tentu membutuhkan seseorang untuk memiliki keterampilan kepemimpinan yang baik. Karena ketika seseorang berada di level teratas perusahaan, itu berarti mereka akan bertanggung jawab atas divisi atau beberapa pekerja. Tanpa kepemimpinan yang baik, mustahil bagi seseorang untuk dapat menjalankan perannya di tingkat atas. Karena itu Anda yang ingin meraih karier cemerlang di usia 30 tahun, harus segera belajar kepemimpinan atau seni memimpin dengan baik.

Keterbukaan pikiran

Open Minded.

Selanjutnya, hal yang perlu Anda kuasai jika ingin mencapai karier yang cemerlang di usia 30 adalah pikiran terbuka. Meskipun Anda memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi dan memiliki banyak pengalaman, pikiran terbuka ini harus diprioritaskan. Keterbukaan pikiran ini sendiri akan menuntun Anda ke proses pembelajaran yang perlu dijalankan setiap saat. Keterbukaan pikiran itu sendiri juga menuntut Anda untuk terus menerima kritik dan saran dari siapa pun. Tetapi jika Anda tidak memiliki pikiran terbuka, akan sulit bagi Anda untuk mengembangkan diri sendiri dan perusahaan. Dan itu berarti Anda akan menghadapi risiko kegagalan tanpa kemampuan untuk membuka pikiran ini dengan benar.

Perundingan

Kemampuan melobby dan negosiasi.

Berada di tingkat atas memang membuat Anda bertemu dengan banyak perusahaan mitra untuk bernegosiasi. Untuk membuat perusahaan mendapatkan kesepakatan terbaik, dibutuhkan keterampilan negosiasi terbaik. Sekarang tugas untuk melakukan negosiasi ini sendiri tentu akan ditanggung oleh level atas di perusahaan. Sekarang jika Anda ingin dilihat oleh atasan Anda untuk menduduki posisi tingkat atas, maka pastikan Anda memiliki keterampilan negosiasi yang baik.

Hubungan

Relationship.

Dalam dunia bisnis, hubungan memang memiliki peran yang sangat penting. Dari sini level teratas di perusahaan akan diberikan tanggung jawab untuk membuat hubungan atau jejaring menjadi maksimal. Karena dengan hubungan luas, perusahaan akan dapat membuatnya mudah untuk melaksanakan semua rencana dan strateginya untuk mencapai target dan misi. Nah Anda yang ingin mencapai karir yang baik di perusahaan dengan cepat di usia 30 tahun harus mulai membangun hubungan yang kuat dan luas. Karena hubungan yang Anda miliki akan menjadi nilai tambah bagi atasan Anda untuk meningkatkan posisi Anda.

Manajemen waktu

Manajemen Waktu. Foto: Kompasiana

Hal yang perlu Anda kuasai untuk bisa mendapatkan karier yang cemerlang di usia 30 adalah manajemen waktu. Perusahaan tingkat atas memang akan mendapatkan tugas yang lebih banyak dan lebih berat. Dari sini, dibutuhkan keterampilan manajemen waktu untuk menjadi level teratas dalam perusahaan. Nah, Anda yang menginginkan karier cemerlang di usia 30 tahun harus menguasai manajemen waktu dengan baik.


Like it? Share with your friends!

Bamz

Founder & CEO PT. Inspira Kreasi Nusantara, perusahaan yang bergerak di bidang kreatif dan teknologi. Seorang praktisi dan konsultan Internet Marketing.

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *